Sunday, July 4, 2021

Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Cabut Gigi

Gigi merupakan salah satu komponen tubuh yang dibutuhkan untuk bisa melakukan pencernaan dengan baik. Jika Anda mengalami masalah dengan gigi melakukan aktivitas pun tidak akan nyaman dan tentunya tidak bisa makan makanan seperti biasanya. Berikut ini hal penting yang harus diperhatikan saat cabut gigi.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Cabut Gigi

Masalah pada Gigi

Kondisi yang menjadi pertimbangan untuk mencabut gigi adalah saat gigi berlubang parah, Anda memiliki penyakit gusi atau adanya infeksi di bagian gigi. Masalah lainnya seperti gigi yang tidak rapi untuk pemakaian kawat gigi perlu dicabut bagian gigi tertentu.

Penyakit Sistemik

Hal penting yang harus diperhatikan sebelum mencabut gigi adalah ada atau tidaknya penyakit sistemik. Dokter akan mempertimbangkan proses pencabutan gigi bagi Anda yang memiliki penyakit seperti jantung, anemia, leukemia, ginjal, hipertensi, kelainan darah, asma, atau kehamilan. Risiko kontradiksi lebih besar, makanya harus ada konsultasi dengan dokter.

Gangguan Mengunyak dan Estetik

Anda harus tahu sebelum mencabut gigi, kalua nanti akan mengalami gangguan saat mengunyah, bahkan mengganggu ketika berbicara. Selain itu, estetiknya akan terganggu karena kebersihan rongga mulut dan gigi yang dicabut bisa membuat gigi bergeser.

Makanya setelah mencabut gigi perlu untuk mempertimbangkan pemakaian gigi palsu. Anda bisa konsultasikan dengan dokter giginya untuk saran jenis gigi palsu yang bagus. Apa lagi jika usia masih terbilang muda hal ini sangat penting.

Infeksi Bakteri

Jangan ragu untuk cabut gigi karena salah satu pertimbangannya adalah mencegah infeksi bakteri. Kondisi ini jika tidak segera ditangani akan bisa membuat bagian saraf lainnya bermasalah. Lakukan pemeriksaan dengan dokter gigi sebelum masalah bakterinya menyebar dan merusak bagian gigi yang lainnya.

Gigi Tidak Beraturan

Gigi yang tidak beraturan menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum mencabut gigi. Anda yang ingin merapikan gigi karena merasa tidak nyaman dengan gigi yang tidak beraturan bisa dilakukan setelah konsultasi. Selama bisa digeser saja tanpa harus dicabut, maka sebaiknya tidak perlu dicabut, Dokter gigi akan memberikan rekomendasi yang terbaik.

Kondisi Gusi yang Parah

Hal penting berikutnya yang harus diperhatikan sebelum pencabutan gigi adalah kondisi gusi.  Buat yang memiliki radang pada bagian jaringan gusi dan bisa merusak area sekitar tulang gigi, sebaiknya melakukan pengobatan. Jika ada gigi yang menjadi penyebab gusi ini semakin buruk maka segera lakukan pencabutan gigit.

Perawatan Pasca Pencabutan

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah memperhatikan perawatan setelah pencabutan gigi. Anda harus bisa menghindari mengunyah dengan rongga mulut pada gigi yang dicabut sampai kondisi gusinya membaik.

Jangan terlalu sering meludah agar proses penyembuhan lukanya bisa cepat. Sebaiknya jangan makan dan minum terlalu panas karena bisa membuat proses pembekuan darah menjadi lambat. Konsumsi obat yang diberikan dokter sesuai petunjuknya dan dimakan sampai habis.

Saat menyikat gigi di bagian yang berlubang harus dilakukan dengan perlahan. Perbanyak minum air es untuk membantu pembekuan darah menjadi lebih cepat. Ganti kasa yang digigit dengan kasa streril setiap 20 menit atau sampai darahnya habis. Kasa biasanya dikasih setelah pencabutan gigi dan Anda harus mencuci tangan sebelum menggunakannya.

Apa pun tindakan medis yang diambil untuk gigi Anda maka konsultasikan dengan dokter apa saja risikonya. Jangan sampai salah memilih keputusan karena bisa mempengaruhi kondisi gigi yang lainnya. Anda bisa mencari informasi dokter gigi terbaik di SehatQ dengan mengunjungi situsnya dan bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu secara online.