Monday, May 24, 2021

Dokter Hematologi untuk Menangani Masalah Gangguan Darah

Dokter hematologi punya peranan yang sangat penting dalam menangani dan mencegah masalah atau gangguan darah. Biasanya, pasien berkonsultasi dengan hematolog setelah dirujuk oleh dokter keluarga atau dokter umum jika mengalami kekurangan darah dan atau dicurigai mengalami masalah yang berkaitan dengan darah. Pasien juga akan dirujuk jika dokter layanan primer mendeteksi hasil tes darah yang tidak normal.

Dokter Hematologi untuk Menangani Masalah Gangguan Darah


Jenis-jenis Kelainan Darah yang Ditangani Dokter Hematologi

Ada beberapa jenis kelainan darah yang bisa ditangani dokter spesialis hematologi, antara lain:

1.       Anemia: Disebabkan rendahnya sel darah merah dengan jumlah tidak normal, kurangnya zat besi atau vit B12, maupun pendarahan banyak saat menstruasi. Ada jenis lain dari kondisi kekurangan sel darah merah yang cukup parah yaitu anemia aplastik, yaitu sumsum tulang belakang tidak cukup dalam menghasilkan sel darah merah.

2.       Anemia Sel Sabit: Kekurangan sel darah merah karena faktor turunan, yaitu seseorang lahir memiliki sel darah merah lengket yang bisa menghambat aliran darah & memicu nyeri bahka merusak organ.

3.       Penyakit von Willebrand: Kelainan darah turunan akibat hilangnya beberapa faktor von Willebrand. Faktor von Willebrand sendiri berfungsi membentuk sel keping darah merah, yang sangat penting untuk pembekuan darah.

4.       Polisitemia Vera: Tubuh menghasilkan terlalu banyak sel darah merah, melebihi batas normal.

5.       Kelainan Sel Darah Putih: Tubuh mempunyai terlalu banyak atau terlalu sedikit sel darah putih seperti leukimia, multiple myeloma, dan limfoma.

6.       Leukimia: Sel darah putih menjadi ganas & mulai menggandakan diri menuju sumsum  tulang belakang dan akhirnya menyebar ke seluruh tubuh.

7.       Hemofilia A & B: Disebabkan rendahnya pembekuan darah dan terjadi pendarahan parah ke sendi serta ketidakmampuan darah membeku dengan semestinya.

8.       Pembekuan darah: Menyebabkan resiko kesehatan, memicu emboli paru-paru & trombosis vena dalam.

Hermatolog bisa memberi diagnosis & rekomendasi rencana pengobatan. Jika dokter umu midak memberi info yang cukup, spesialis hermatologi bisa melakukan tes lagi ke pasien.


Kemungkinan Komplikasi & Resiko Konsultasi Hematologi

Konsultasi hematologi merupakan kunjungan rutin ke spesialis hematologi. Sifatnya aman & tidak beresiko, kecuali pasien harus menjalani tes pemeriksaan tertentu. Meski tes darah laboratorium kebanyakan aman, beberapa tes bisa sangat menyakitan, seperti biopsi sumsum tulang. Tes tersebut dihubungkan dengan resiko-resiko:

-          Sakit terus-menerus & tidak nyaman di lokasi biopsi dilakukan

-          Pendarahan berlebih

-          Reaksi alergi terhadap obat bius

-          Infeksi

Untuk pencegahan komplikasi, ahli hematologi akan memberi arahan sebelum bertindak. Konsultasi hematologi akan sangat membantu pasien mendapat pengobatan sesuai yang dibutuhkan. Beberapa pengobatan yang biasanya disarankan oleh spesialis hematologi adalah:

-          Tranfusi plasma beku

-          Terapi penggantian faktor

-          Injeksi faktor pembekuan darah terkntaminasi

-          Tranfusi darah

-          Suplemen zat besi

Komplikasi yang mungkin timbul jika kelainan darah dibiarkan adalah seperti:

-          Pendarahan dalam saluran pencernaan

-          Pendarahan pada otak

-          Pendarahan pada sendi


Dalam menangani pasien, ahli hematologi mungkin saja tidak sendiri namun bekerja sama dengan dokter lain untuk memperlancar proses penanganan. Yang pasti, konsultasikan dulu sebelum bertindak. Jika ada masalah dengan gangguan darah, jangan sekali-sekali bertindak sendiri karena kondisi ini harus ditangani oleh ahlinya. Konsultasi dengan spesialis hematologi kini bisa dilakukan secara online di SehatQ. Hal ini sangat membantu dan memudahkan pasien.

Deskripsi: Dokter hematologi sangat diperlukan untuk berkonsultasi masalah gangguan darah. Untuk konsultasi online, kamu bisa melalui SehatQ.com.